5 Fakta Mengerikan tentang Kecelakaan Lalu Lintas

Kamis, 19 Juli 2012 13:29:38 - oleh : admin

1. Angka 8:10

Angka 8:10 adalah sebuah data dimana 8 dari 10 kecelakaan kendaraan bermotor di jalan melibatkan pengendara sepeda motor.

Jumlah yang besar dan akan terus naik juka tidak ada usaha untuk menumbuhkan 'Manajemen Risiko' terhadap sebuah perjalanan.

Minimnya pengetahuan terkait perlengkapan keamanan seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang hingga sepatu juga menjadi penyebab meningkatnya risiko cedera.

 

2. Angka 63 persen

Jika anda terlibat dalam sebuah kecelakaan dalam skala apa pun maka akan muncul probabilitas sebesar 63 persen untuk membuat anda jatuh miskin.

Kecelakaan akan menurunkan produktivitas dan kekuatan anda dalam menjalani kehidupan anda dan keluarga anda yang karenanya akan berdampak pada banyak hal di lini kehidupan.

"Sebuah keluarga bisa bangkrut karena membiayai pengobatan yang terus menerus atas anggota keluarganya yang mengalami kecelakaan serius," kata instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

 

3. Angka 86 persen

Anda sudah pernah terlibat sebuah kecelakaan? Manusia modern memiliki 86 persen persentase pengalaman kecelakaan baik menjadi penyebab, menjadi korban atau bahkan hanya sekedar terlibat.

Ada berbagai faktor penyebab kecelakaan. Alam, kendaraan dan manusia. Tapi manusia adalah faktor paling besar yang mempengaruhi sebuah kecelakaan.

Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh faktor manusia. Kesalahan-kesalahan mendasar yang kerap menjadi awal petaka menurutnya meliputi banyak hal mulai dari salah antisipasi keadaan, hilang kontrol atau melakukan akselerasi melebihi kondisi yang seharusnya.

 

4. Angka 36.000

Secara nasional, Indonesia memiliki angka fantastis tentang jumlah kecelakaan per tahun akibat kecelakaan kendaraan bermotor.

Angka besar itu adalah 36.000, dimana 36.000 nyawa melayang sia-sia. Dan ini hanya angka yang tercatat, bagaimana yang tidak?

Para pengendara roda dua harus sadar kalau bila dibandingkan dengan pengguna mobil, pengendara motor lebih rentan mengalami kecelakaan parah.

 

5. Angka 1,2 juta

 

Angka kecelakaan jika dihitung secara global di dunia maka akan hadir angka 1,2 juta jiwa per tahunnya yang melayang.

Angka ini mengalahkan angka korban jiwa akibat penyakit bahkan perang jika dihitung dalam satu masa.

Syubhan Akib - detikOto

Sumber : oto.detik.com

 

versi cetak | versi pdf

Bookmark and Share

Berita "Tulisan" Lainnya